Selasa, 27 September 2011

Data Pokok Pendidikan (DAPODIK)

0 komentar
Dapodik, atau Data Pokok Pendidikan adalah suatu sistem data dari seluruh sekolah di Indonesia secara global. Tujuan utamanya tentu saja untuk memusatkan pusat data dalam satu sistem tersendiri.
Dikarenakan sangat bermanfaatnya data Dapodik ini, maka sekolah sebagai instansi pendidikan yang terlibat langsung dengan data primer sangat diharapkan bisa terlibat langsung dan aktif dalam terciptanya data yang benar-benar valid dan tidak asal isi.
Terkait dengan hal tersebut, maka Dinas Pendidikan Kab. Kebumen beserta Unit Pelaksana Tugas (UPT) Dikpora Kecamatan bekerjasama untuk menjadikan sekolah-sekolah (terutama setingkat SD) memiliki akun Dapodik tersebut, sehingga setiap terjadi perubahan data terkait dengan NISN, NPSN, mutasi siswa dan semisalnya akan bisa segera dihandle oleh operator dari setiap sekolah.
Adapun untuk kecamatan Alian, maka sesuai rencana dari UPT, akan melalui tahapan berikut :


  • setiapsekolah akan dimintai data 1 staf mereka yang akan menjadi operator dapodik
  • setelah didapatkan data operator dari semua sekolah, maka operator tersebut akan kami kumpulkan untuk mendapat pengarahan lanjut tentang sistem Dapodik dan cara pengoperasiannya
  • setelah mendapat pengarahan, maka diharapkan operator dari setiap sekolah mampu untuk menangani setiap hal yang terkait dengan data Dapodik
Adapun untuk pembuatan akun Dapodik tersebut, dikarenakan se-kecamatan Alian baru 2 (dua) SD yang memiliki akun Dapodik, maka untuk keseragaman dan efektifitas waktu, akun untuk SD yang belum memiliki akun Dapodik menjadi tanggungjawab UPT Dikpora Alian beserta Dikpora Kab. Kebumen.
Namun, sudah bukan rahasia jika sinyal internet di wilayah kecamatan Alian adalah sesuatu yang cukup sulit untuk didapatkan, terutama untuk beberapa daerah tertentu yang ketinggiannya diatas rata-rata. Karena itu diharapkan kekompakan dan kerjasama dari semua sekolah dan UPT agar sistem yang akan dibangun ini benar-benar berjalan sebagaimana mestinya.

Sebagai bahan pembelajaran tentang pembuatan akun, kami sertakan pula file panduan pembuatan akun Dapodik. Silahkan buka tab download kami dan cari file pengajuan dapodik.

Leave a Reply

 

Admin

Tb Setyawan@UPTD Dikpora Alian Facebook E-Mail